Friday, September 9, 2016

Tips Mencegah Osteoporosis



Osteoporosis disebut juga sebagai penyakit tulang rapuh atau tulang keropos. Pada orang yang mengalami osteoporosis kerusakan tulang terjadi lebih cepat daripada perbaikan yang dilakukan oleh tubuh. Tulang kehilangan kalsium dan garam fosfat sehingga menjadi keropos, rapuh dan mudah retak. Penyakit ini berkaitan dengan usia dan lebih banyak berkembang pada wanita usia lanjut.
Gejala yang paling umum adalah rasa nyeri di daerah punggung sehingga gerakan tulang belakang menjadi sangat terbatas.  Rasa nyeri berkurang bila penderita istirahat di tempat tidur atau pada waktu bangun tidur pagi.  Nyeri bertambah saat duduk, berdiri, membungkuk, berjalan, ataupun bila penderita batuk, bersin dan mengangkat barang. Kadang osteoporosis berkembang lebih lanjut sehingga terjadi kelainan bentuk tulang belakang, bungkuk, dan berkurangnya tinggi badan. 

Tips mencegah Osteoporosis:

Kecukupan asupan nutrisi, gizi makanan yang seimbang, cukup kalori, vitamin, protein dan mineral terutama kalsium yang sangat berguna untuk memperbaiki massa tulang. Makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain produk- produk susu (susu, keju, yogurt, dan es krim). Bila ingin menghindari lemak atau kolesterol sebaiknya menggunakan skim atau susu bubuk dan yogurt yang rendah lemak. Makanan lain yang banyak mengandung kalsium antara lain teri tawar kering, teri nasi kering, udang kering kecil, jamur kuping, kerang, tahu tempe, dan kacang hijau.

Lakukan olah raga secara teratur termasuk latihan beban.

Hindari konsumsi alkohol, makanan asin, dan kopi secara berlebihan, serta jauhi merokok.Tips menangani osteoporosis:

Untuk mencegah terjadinya fraktur (patah tulang) akibat jatuh, lansia yang mengalami osteoporosis dianjurkan menggunakan alat bantu seperti tongkat. Selain itu hindari lantai yang licin dan kamar mandi yang berlendir.

Penderita osteoporosis sebaiknya tidur di kasur yang keras tapi hindari istirahat di tempat tidur secara berlebihan.

Bila memungkinkan dianjurkan melakukan aktivitas fisik ringan misalnya berjalan kaki selama 30-60 menit per hari.

Rasa nyeri yang akut dapat dikurangi dengan istirahat telentang dan kompres air hangat di tempat yang sakit.

Apabila diperlukan dokter dapat memberikan obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit serta suplemen kalsium dan vitamin D untuk memperbaiki dan merangsang pembentukan massa tulang.

No comments:

Post a Comment